Social Icons

Pages

Selasa, 09 Desember 2008

Pengembangan Diri: Memenuhi Sepuluh Wasiat

Keberadaan wasiat
Dari Ibnu Umar r.a bersabda Rasulullah saw, bahwa: Seorang muslim yang mempunyai harta dan ingin diwasiatkannya, hendaklah wasiat itu telah ditulisnya dua malam sesudah itu (HR Muslim). Harta warisan yang ditinggalkan seorang mati, sangat berbeda-beda, Hadits menyebutkan dalam bentuk: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya. Wasiat berupa pesan-pesan ilmu yang bermanfaat adalah hal yang luar biasa. Wasiat berupa pendidikan dan ilmu hingga mampu membentuk seseorang yang sholeh adalah hal yang luar biasa.
Sepuluh Wasiat: Baca, renungkan dan kerjakan


Seorang pemikir besar Hasan Al Banna, pernah memberi 10 nasehat kepada mujahid muda. Wasiat tersebut diawali dengan kata-kata: Baca, renungkan dan kerjakan sepuluh wasiat berikut ini. Pesan wasiat tersebut menunjukkan begitu penting dan serius, perlu direnungkan dengan baik dan dijabarkan dengan rinci, serta harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Adapun sepuluh wasiat tersebut adalah:
1.Dalam kondisi bagaimanapun, dirikan sholat ketika mendengar adzan.
2.Baca atau dengarkan Al Qur-an dan ingatlah Allah, jangan habiskan sebagian waktu anda pada hal-hal yang tidak berguna.
3.Berusahalah untuk bisa berbicara bahasa Arab fushhah (baik, tidak pasaran) sebab itu termasuk doktrin Islam.
4.Jangan memperbanyak debat dalam setiap urusan bagaimanapun bentuknya, sebab pamer kepandaian dan apa yang dinamakan riya’ itu tak akan mendatangkan kebaikan sama sekali.
5.Jangan banyak tertawa, sebab hati yang selalu berinteraksi dengan Allah adalah hati yang tenang dan khusyu’.
6.Jangan bergurau sebab sebuah ummat yang gigih berjuang tak mengenal selain kesungguhan.
7.Jangan mengeraskan suara melebihi apa yang dibutuhkan oleh pendengar, sebab itu merupakan kecerobohan dan menyakitkan yang lain.
8.Jauhi dari mengunjing orang dan menjelek-jelekkan kelompok atau organisasi, jangan membicarakannya selain kebaikan saja.
9.Kenalkan diri anda kepada saudara-saudara seagama dan seperjuangan walaupun anda tak dituntut, sebab dasar da’wah kita adalah cinta dan kenal.
10.Ketahuilah bahwa kewajiban itu lebih banyak dari pada waktu yang terluang, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan jika anda punya kepentingan (tugas) selesaikan segera.

Dari sepuluh wasiat tersebut, ada beberapa kata kunci penting, yaitu: kondisi bagaimanapun, sholat, Al quran, ingat Allah, waktu, bahasa arab, depat, riya, hati, kesungguhan, menyakitkan yang lain, mengunjing, kelompok atau organisasi, Kenalkan diri, cinta dan kenal, kewajiban, bantulah saudaramu, sebaik-baiknya dan selesaikan segera.